Minggu, 06 November 2016

Seminar Enteprenuer Etalase Kopma 2016



Hallo temen-temen.. Apa kabar? Sibuk apa di hari minggu ini? Kalo saya tadi pagi jam 8 sampai jam 12an ikut seminar kopma STIS tentang self branding. Ada 2 pembicara yang sangat menarik di seminar kali ini, yang pertama pak kadir ruslan, yang kedua kak Yasa Singgih. Saya mau buat catatan nih supaya ilmunya gak hilang dan bermanfaat. Baca sampai selesai ya temen-temen hehe

  1. Kadir Ruslan
Diambil dari facebook Kadir Ruslan

Pak Kadir Ruslan ini adalah staf di BPS Pusat bagian holtikultura dan tanaman pangan. Beliau sering nulis di blog dan di koran-koran. Blognya beliau adalah http://kadirsblog.blogspot.co.id/. Coba deh mampir ke blog beliau. Disitu banyak sekali artikel tentang statistik, beliau konsen di bidang ekonomi pembangunan tentang kemiskinan, inequality. Beliau lulusan s2 di luar negeri juga. Beliau sering menjadi pembicara dan pernah berkali-kali diundang ke luar negeri karena papernya. Hmm, luar biasa ya guys. Beliau menyampaikan materi tentang Self branding/ personal branding.

  • Personal branding?
    Personal branding adalah bagaimana membangun citra diri yang baik tentunya. Jika orang menyebut sesuatu maka yang diingat adalah nama anda. Misal nih, orang menyebut orang yang bisa nulis di BPS, pasti kebanyakan tau kalau pak Kadir Ruslan lah jawabannya.

  • Komponen Personal Branding?

  1. Penampilan itu penting
    Di dunia kerja penampilan adalah penting. Dari penampilan orang bisa tau bagaimana diri anda. Berpenampilanlah yang menarik.
  2. Otak juga penting
    Selain penampilan anda juga perlu memperkaya otak. Misal jika anda disuruh bicara dalam persentasi, harusnya anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di persentasi tersenbut. Jadi gak mlompong gak ada isinya
  3. Gaya berkomunikasi
    Gaya berkomunikasi juga menentukan dalam self branding ini. Gaya bicara ke pimpinan ke rekan kerja atau ke semua orang. Anda harus low profile dan gak boleh sombong. Gaya bicara saat persentasi juga penting, bagaimana caranya membuat pendengar fokus pada apa yang anda bicarakan.

  • Kenapa sosial media?
    Sosial media itu mudah dan murah untuk membentuk self branding. Jika anda populer maka anda akan menjadi tempat rujukan dan tempat bertanya tentang bidang anda. Apapun yang Anda posting itu mencitrakan siapakah diri anda. Jadi jangan memposting hal-hal yang tidak berguna seperti status gak penting misal sedih, galau, dsb. Memposting capaian anda juga penting, bukan untuk sombong, tapi itu sayang jika hanya anda nikmati dan pendam sendiri. Itu juga dapat dengan mudah membentuk brand anda. Tidak usah galau jika tulisan kita tidak diapresiasi, tetep posting dan nulis, suatu saat akan membuahkan hasil. Misal jika tulisan anda bisa dimuat di media akan mendapatkan uang jajan dan pulsa sekitar ratusan ribu.
  • What is my brand?
    Tentukan minat anda, fokus, dalami, bangun keahlian anda. Temukan passion dalam diri anda lalu kembangkan itu. Jika kamu larut dalam dunia kerja maka kamu akan jadi bego. Tenang tenang bro, ada penjelasaannya kok. Karena kerja di BPS itu statis, misal ngecekin tabel. Kerjaan anda hanya itu terus. Anda gak boleh larut dalam hal itu, ilmu anda yang 4 tahun tidak akan berguna, maka anda perlu mencari apa passion yang menjadi nilai lebih anda.

  • Menulis
    Menulis di sosial media akan membuat orang tau siapa diri anda. Menulis adalah cara yang lebih efektif dan jelas yang dapat membantu anda menuju kesuksesan.
    Cara menulis?
    Just do it. Lakukan saja. Apapun yang anda tulis tidak masalah karena semua berproses. Tentu dalam proses tersebut anda harus memperbaiki cara menulis anda, melalui banyak membaca anda akan tahu bagaimana menyusun kalimat yang baik, itu akan menuntun anda.
    Hal yang paling sulit dalam menulis?
    Saat memulai menulis. Jika anda nanti-nanti maka tidak akan jadi tulisan anda. Semuanya by proses. Harus istiqomah(terus-menerus).

  • Cara menemukan passion?
    Jika anda belum tahu passion anda, maka anda harus mencoba-coba. Seperti distribusi binomial ada sukses dan gagal. Anda tidak tahu percobaan ke berapa yang menghasilkan sukses. Banyak tokoh-tokoh keren seperti jack ma(pendiri alibaba) yang puluhan kali gagal. Akhirnya sukses juga.

  • Pesan-pesan
    Sebenarnya di atas sudah banyak sekali pesannya. Tapi ini tambahan yang penting juga hehe
    Anda harus punya visi, kemudian termotivasi dan mempunyai mimpi-mimpi menuju kesana. Tetapi anda harus tahu koridornya, harus menyeimbangkan diri, jangan sampai tugas pokok anda tersingkirkan.
    Cara meyakinkan orang bahwa anda harus diperhatikan adalah dengan capain-capain anda, anda akan dipercaya berbicara sesuatu jika anda ahli di bidang tersebut. Misal kak Yasa bicara tentang bisnis pasti dia akan diperhatikan karena dia telah berhasil membangun bisnis yang besar.


Sukses selalu Pak Kadir Ruslan, semoga kami anak STIS bisa melampaui capaian-capaian Bapak. Terimakasih ilmunya


  1. Yasa Paramita Singgih

    Kesuksesan seorang pria berbanding lurus dengan besar perut. ~Yasa Singgih,2016
    Duuhhh,, kakaknya ini luar biasa hebat guys. Beliau lahir tangal 23 April 1995 (which is baru 21 tahun)  tapi udah sukses banget. Hmm, aku mah kembang tebu kabur kanginan wkwk. Padahal sama beliau aja cuma selisih beberapa bulan ga sampai setahun. Beliau adalah udah punya 2 perusahaan besar yaitu Men’s Republic perusahaan sepatu terkenal itu dan PT Paramita Singgih. Beliau juga penulis buku Never Too Young to Become a Billionare. Menang berbagai kompetisi bisnis, menjadi pembicara dimana-mana, masuk majalah, koran, talkshow tv, pernah di film kan kisahnya, bahkan beliau pernah dimuat di majalah forbes, majalah bisnis se asean. Luar biasa ya guys. Itulah perkenalan singkat beliau yang cina kaya wkwk

Saya akan menceritakan kembali pengalaman yang diceritakan oleh beliau.

Ide untuk berbisnis muncul saat keuangan menghimpit keluarganya. Ayahnya tidak bisa operasi pemasangan ring jantung karena biayanya untuk sekolah dia dan kakaknya. Ayahnya sebagai manager di perusahaan dan ibunya adalah karyawan swasta. Dia lalau bekerja di EO milik temennya, dari masang-masang balon sampai jadi MC. Bisnis yang pertama beliau rancang adalah kaus yang ia design dari ms word dengan ngabungkan 2 gambar yaitu gambar kaos dan foto soekarno lalu ditulisin dengan wordart INDONESIA. Beliau bekerja sama dengan orang tua temennya dan menerapkan buku yang pernah beliau baca yaitu The Power Of Kepepet. Beliau membuat keadaan menjadi kepepet, beliau bilang ke temennya kalau 2 minggu tidak memberikan design dan jumlah produksi maka dp nya 700.000 (hasil dari menjadi MC) untuk di kasihkan temennya itu. Singkat cerita sudah dilunasi uang nya hingga 3jtan jadi 50 kaus(kalau gak salah). Dan yang terjual berapa? Cuma 2 yaitu 1 dibeli ibunya untuk satpam di kantor dan 1nya laku ke orang lain.

Lalu beliau beralih ke ide lainnya yaitu minjem kaus di tanah abang untuk dijual di emperan toko dan bikin bisnis online namanya men’s republic. beliau melakukan itu di tahun 2011 umurnya masih 15tahun. Hmm bayangin guys, 15 tahun beliau udah merancang usaha, kalau aku mah masih galau tentang cinta wkwk . sampai tahun 2012 beliau menekuni bisnis kaosnya hingga punya penghasilan kotor 30jt per bulan. Lalu beliau beralih ke bisnis kuliner “Ini teh Kopi”, pada hari pertama buka pas hari ibu dan banjir, hingga mempunyai 2 outlet, lalu bangkrut, uang yang hilang 150jt(uang hasil jualan kaos). Beliau terpuruk selama 1 bulan sampai-sampai beliau gak nyambung sama temen seusianya yang nangis-nangis karena cinta padahal beliau lebih parah lagi kehilangan duit 150jt. Tuh bayangin, kita kalau kehilangan handphone yang gak seberapa aja rasanya mau mati wkwk

Lalu titik balik perubahannya saat ketemu dengan temen di seminar, yang bangkrut 1,5M toko di tanah abang tutup.  Mas Yasa merasa ada yang lebih menderita, ada yang lebih bego dari dia. Dari situ semangat Mas Yasa balik lagi. Mas Yasa masih mencari ide, Mas Yasa datang ke pameran distro, lalu melihat peluang, disana harga sepatu diskon aja masih 1,2jt, Mas Yasa berfikiran kenapa  gak bikin usaha sepatu aja, padahal ayahnya manager di perusahaan sepatu dan kakaknya juga kerja di perusahaan sepatu. Lalu Mas Yasa bilang ke Ayahnya, dan dikasihlah alamat temen Ayahnya yang ada di Bandung yang punya usaha bikin sepatu. Mas Yasa cerita dengan dramatis yang telah dialaminya sehingga temen Ayahnya mau minjemin 4 lusin sepatu(48), karena dia gak tahu apa-apa tentang sepatu lalu dia meminta ke bapaknya itu suruh bikinin sepatu yang paling banyak dipesen. Jadilah sepatu itu dengan brand Men’s Republic, dengan tagline Simple, excellent, gentlemen. Dari mulai foto cuma didepan rumah, sampai punya model dan foto produk di studio. Dari satu outlet, hingga punya 350 dropship dan cabang di Indonesia, belum lagi di toko online.

Jadi motivasi Bang Yasa ini jangan tahu apapun karena kamu jadi tidak takut terhadap apapun. Saat pergi pertama kali ke tanah abang masuk keluar toko minta dipinjemin kaus buat dijual, Bang Yasa ini tidak tahu apapun tentang kaus dan tanah abang. Juga saat pergi ke Bandung ke tempat pembuatan sepatu, Bang Yasa juga gak tahu apapun tentang sepatu, design sepatu, cara buatnya,dsb. Makanya, dia gak takut apapun karena dia gak tahu apapun.

Kedua adalah untuk menjadi pebisnis sukses kamu tidak perlu pintar, kamu hanya butuh orang pintar yang mau diajak kerjasama. Jangan lakukan bisnis sendiri karena berat. Tekuni bisnis sampai besar lalu bangun bisnis yang lain. Koko Yasa ini juga mau merintis perusahaan barunya. Karena 2 perusahaannya sudah besar.

3 hal yang dibutuhkan untuk jadi pebisnis yaitu attitude, motivasi, strategi.

Orang tidak mau bangun bisnis karena terlalu nyaman dengan zona sekarang, buatlah anda menjadi orang kepepet, jadi anda akan mempunyai the power of kepepet. Segala daya dan upaya pasti dilakukan oleh orang yang kepepet.

Banyak orang yang sudah tua menyesal bukan karena hal yang telah dilakukan pada saat muda, tapi mereka menyesal terhadap apa yang tidak mereka lakukan saat muda.

Kebiasaan Koko Yasa ini diawal bulan selalu menyisihkan untuk asuransi, investasi dalam bentuk emas dan properti, investasi untuk diri yaitu beli buku dan ikut seminar-seminar. Agar kapasitas dalam dirinya selalu bertambah. Kalau anda cuma punya 1 botol kecil mau diisi air berapapun maka akan tumpah sia-sia. Makanya perlu selalu menambah kapasitas diri mejadi lebih besar agar diri semakin berkembang.

Masa tua yang nyaman tidak lahir dari masa muda yang leha-leha. Lebih baik “kehilangan masa muda” daripada kehilangan masa depan. Never too young to become a billionaire. Yasa Singgih

Sukses terus kak,bang,mas,koko Yasa Singgih. Terimakasih ilmunya, semoga bisa kami terapkan dan menjadi jalan kesuksesan kami. (maap pangilannya banyak, kalau belum kenal suka bingung mau manggil apa hehe)

Diseminar ini ada juga hiburan dari Jajaka, sama stand up comedy dari anak jambi sama ardhi.

Semoga bermanfaat, suwun

2 komentar:

  1. kemarin nggk bisa ikut nih, jazakillah ukh

    BalasHapus
  2. Iya ukh. Afwan ukh.
    Maap bnyak yg salah ketik, krng kata, salah huruf, dsb. Suka typo ukh sayanya

    BalasHapus